Jumat, 30 Oktober 2020

Bahasa Inggris: Kalimat Nominal vs Kalimat Verbal.

 Kalimat Nominal & Kalimat Verbal

*Dok pribadi
*dok pribadi

                        Hai, bagaimana kabarmu hari ini? Aku harap kamu sedang dalam keadaan yang sangat sehat dan baik-baik saja tanpa suatu problematika kehidupan yang serius. Aamiin. Ok, dalam kesempatan kali ini, aku ingin mulai membahas materi bahasa Inggris dimulai dari yang paling mendasar. Sebenarnya ada beberapa pembahasan yang elementer dalam bahasa Inggris seperti; Part of speech, to be dll, namun untuk sekarang aku akan membahas terlebih dahulu tentang perbedaan kalimat Nominal dengan kalimat verbal. 

            Aku lebih memilih pembahasan ini dikarenakan alasan-alasan berikut ini;

1.      Aku masih lumayan sering mendengar beberapa dari temen-temenku yang masih belum mampu mengidentifikasi mana kalimat nominal dan mana kalimat verbal, serta bagaimana penggunaannya. Masih ada beberapa orang yang mengucapkan atau menulis kalimat yang seharusnya verbal dengan pola nominal and vice versa.

2.      Kemampuan mengidentifikasi jenis kalimat memiliki peran yang sangat vital dalam kaitannya dengan penguasaan materi-materi bahasa Inggris ke depannya.

3.      Mempelajari bahasa Inggris adalah ibarat mata rantai. Satu kesatuan. Jika kamu ingin menguasai Text-genre maka kamu harus menguasai tenses. Jika kamu ingin bisa menguasai tenses maka kamu harus mampu mengidentifikasi mana kalimat nominal dan mana kalimat verbal. Dan jika kamu ingin bisa tanpa mengenali jenis kalimat, maka kamu harus menguasai part of speech. Tidak indah rasanya jika kamu belajar bahasa inggris by pass. Hanya mempelajari ini tanpa mempelajari yang lain. Walaupun sah-sah saja.

Oke, lalu apa itu kalimat nominal?

Kalimat nominal adalah sebuah kalimat yang tidak menjelaskan aktivitas / perbuatan / kegiatan. Dalam kata lain; jika kamu membaca sebuah kalimat yang tidak ada kata kerja di dalamnya maka sudah pasti itu adalah kalimat nominal. Nah, berhubung tidak menggunakan verb (kata kerja), maka yang digunakan dalam kalimat nominal adalah; Noun (kata benda), Adjective (kata sifat) dan Adverb (kata keterangan). Adapun biasanya, ketiga kata tersebut diletakkan beriringan dengan to be (is, am, are dkk)

Contoh:

Kalimat

Penjelasan

a.      Hi, I am Dhana and She is Sari. We are couple. (Halo, saya adalah Dhana dan dia Sari. Kita ini pasangan lho.)

 

Dalam kalimat di samping menggunakan Noun (kata benda). Baik Dhana dan Sari diletakkan beriringan dengan to be (am) dan (is). Btw, nama manusia juga dihitungnya kata benda ya. Termasuk nama-nama profesi pun.

 

b.      My mother is so smart but my sister is not like her.

Smart artinya adalah cerdas / pintar. Kata tersebut adalah adjective alias kata sifat yang ditulis beriringan dengan to be (is).

c.      I was there actually but then I am here.

There (disana) dan here (disini) adalah kata keterangan tempat. Ketiadaan kata kerja membuat kalimat ini adalah kalimat nominal.

 

Apa itu kalimat Verbal?

Berkebalikan dengan pengertian kalimat nominal, kalimat verbal adalah kalimat yang di dalamnya terdapat kata kerja (verb). Apa sih itu kata kerja? Itu adalah kata yang menunjukkan sebuah perbuatan / aktivitas / kegiatan seperti; lari, makan, minum, istirahat, memiliki, menulis, menonton dan sebagainya. Semua kalimat yang mengandung kata kerja apapun bentuknya mau itu V1, V2, V3, to infinitive, V-ing asalkan ada kata kerjanya mau itu di masa lalu, masa sekarang atau masa depan, maka sudah pasti kalimat tersebut dinamakan kalimat verbal.

Contoh:

Kalimat

Penjelasan

a.      I always read comicsbook before sleeping. (saya selalu membaca buku komik sebelum tidur.)

 

Dalam kalimat di samping menggunakan kata kerja (verb) berupa kata read yang artinya adalah membaca.

 

b.      My brother does not forget my birthday (Adikku tidak melupakan hari ulang tahunku)

 

Forget; lupa. Adalah kata yang menunjukkan kata kerja.

 

c.      I bought new phone yesterday (Aku beli hape baru kemarin)

Bought merupakan V2 dari Buy yang artinya membeli.

 

 

Rumus dasar

Dalam membuat kalimat nominal dan verbal pastinya ada aturan. Nah gambaran umum aturan dalam membuat kalimat nominal dan verbal adalah sebagai berikut:

Kalimat Nominal

Bentuk

Rumus

Contoh

Positif

Subyek + to be + N/Adj/Adv

You are the boss

Negatif

Subyek + to be + not + N/Adj/Adv

You are not the boss

Interogatif

To be + Subyek + N/Adj/Adv + ?

Are you the boss?

 

 Kalimat Verbal

Bentuk

Rumus

Contoh

Positif

Subyek + V

They come

Negatif

Subyek + Auxiliary + not + V

They do not come

Interogatif

Auxiliary+ Subyek + V + ?

Do they come?

 

Keterangan:

N         : Noun

Adj      : Adjective

Adv     : Adverb

V         : Verb

Latihan soal yuk!

Nah, bagaimana? Apakah penjelasan di atas sudah cukup untuk me-refresh ingatanmu tentang materi yang satu ini? kalau sudah paham. Yuk, coba uji kemampuanmu dengan mengerjakan beberapa soal-soal tentang kalimat nominal dan verbal di bawah ini. login dan di akhir section kamu bisa cek sendiri, berapa nilai yang kamu dapat?

Untuk soal bab ini bisa kamu klik di link berikut ini ya....

SOAL PENDALAMAN MATERI NOMINAL-VERBAL

Selamat mengerjakan dan jangan lupa untuk menonton videonya di channel youtube saya, atau bisa kamu klik di link ini. → INISIAL TG.

See you in another post, hope you guys will always be safe and keep healthy. Thank you very much for visiting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Give your comment here, please

LJK Kuis Bhs. Inggris Set 1

  Ku Peluk Hatimu - NOAH Soal bisa dilihat di pdf yang sudah saya kirimkan LJK Kuis set-1 klik aja disini